Wednesday 11 January 2023

Tips Liburan ke Labuan Bajo Anti Boros


Tips Liburan Hemat ke Labuan Bajo



Salah satu alasan mengapa Labuan Bajo menjadi salah satu tujuan wisata paling populer adalah pantai dan lautnya yang indah.

Saat berkunjung ke destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, wisatawan bisa menggunakan jasa open tour atau berpetualang sendiri (solo travel) tanpa jasa biro perjalanan.


Apa pun jenis perjalanan yang Anda lakukan, berikut adalah empat tips untuk dipertimbangkan jika Anda ingin berlibur di Labuan Bajo:



1. Pilih Transportasi yang Cocok


Menurut Agus, perwakilan biro perjalanan wisata Labuan Bajo, Seanesia, rata-rata open trip berlangsung tiga hari dua malam.


Biasanya tour jenis ini berlangsung dari hari Jumat hingga Minggu pukul 11.00 WIB. Turis dalam tur terbuka ini umumnya memiliki waktu terbatas. Oleh karena itu, mereka cenderung memilih transportasi udara yang lebih efisien waktu tempuhnya.



Keuntungan bepergian melalui jalur darat dan laut adalah jauh lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan transportasi udara.


Moda transportasi ini menjadi pilihan jika ingin menikmati perjalanan yang lebih jauh.

Sementara itu, dari sisi efisiensi waktu, transportasi udara bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang memiliki waktu terbatas.


Memilih moda transportasi yang tepat dapat disesuaikan dengan anggaran, waktu, dan tujuan liburan Anda.



2 Ketahui Waktu yang Tepat



Sebelum datang ke Labuan Bajo, sebaiknya Anda mengetahui waktu yang tepat untuk pergi ke Labuan Bajo. Agus mengatakan waktu terbaik untuk mengunjungi Labuan Bajo adalah pada bulan Maret hingga September.


“Cuacanya bagus dari Maret hingga September dan setelah September cenderung hujan,” katanya.



3. Datanglah Sehari Sebelum Jadwal



Khusus bagi wisatawan yang mengikuti itinerary umum biro perjalanan dan berangkat dengan transportasi udara, disarankan tiba di Labuan Bajo satu hari sebelum itinerary umum.


Menurut Agus, perjalanan dengan transportasi udara bisa saja mengalami delay atau penundaan penerbangan.


“Takut delay, jadi untuk berjaga-jaga, datanglah sehari sebelum perjalanan,” kata Agus.


4. Hindari Calo


Wisatawan tanpa biro perjalanan mungkin bertemu calo di pelabuhan sebelum memasuki Labuan Bajo. Seringkali, calo akan menawarkan tarif yang lebih mahal dari biasanya.


Untuk menghindari calo, Agus menyarankan untuk datang langsung ke loket tiket kapal di kawasan pelabuhan.


“Sudah ada jadwal di sana, tinggal ditanyakan lagi ketersediaan kapal (tujuan) dan jadwal pemberangkatan kapal,” ujarnya.


So, udah kepikiran mau ke Labuan Bajo Kapan? Sebelum kesana kamu perlu melakukan banyak survey baik lewat online maupun bertanya-tany ake orang-orang yang sudah pernah liburan langsung ke sana.

Siapakan dana darurat 10 persen dari budget ya. Dan ambil waktu cuti yang panjang. Jangan lupa sisakan waktu 1 hari sebelum kamu kembali bekerja untuk antisipasi.



No comments:

Post a Comment

Tempat Wisata Tertua di Indonesia

Seiring perkembangan zaman, berbagai destinasi wisata dihadirkan dengan konsep modern. Namun, masih ada destinasi wisata legendaris Indonesi...